Susah Sinyal, Murid SD Cengal 4 Kecamatan Maja Belajar Daring Pakai Radio HT Bantuan TNI dan ORARI



TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA- Sejumlah sekolah di Kabupaten Majalengka masih terkendala dalam pemberlakuan belajar dalam jaringan (daring). Hal ini dikarenakan, tidak semua anak didik memiliki perangkat android. Selain itu, terkendala jaringan internet juga menjadi permalasahan lain yang dihadapi oleh para murid tersebut.

Salah satunya, dialami oleh para murid SDN Cengal 4 yang berada di Blok Kadut, Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka. Selain, akses yang jauh dari pusat kota Majalengka, keberadaan sinyal sangat langka di daerah dataran tinggi tersebut.

Berangkat dari situlah, Komandan Koramil (Danramil) 1702 Maja Kodim 0617 Majalengka, Kapten Inf Sarna memberikan solusi kreatif dengan memfasilitasi belajar menggunakan radio.

Bekerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Kabupaten Majalengka, mereka langsung bergerak untuk memasang pemancar radio jenis Handy Talky (HT) di sekolah tersebut.

Dengan mengandalkan tiang bendera yang berada di halaman sekolah itu, satu pemancar dipasang menjulur ke atas. Sementara, empat buah HT disiapkan dengan salah satu HT tersebut disimpan di sekolah.

Dandim 0167 Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto melalui Danramil 1702 Maja, Kapten Inf Sarna mengatakan, nantinya kegiatan itu akan terus dilakukan secara berkepanjangan.

Tidak hanya saat ini saja, melainkan sampai pemberlakuan pembelajaran daring resmi berakhir.

“Sesuai instruksi dari Dandim 0617 Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto bahwa jajaran Koramil di Kabupaten Majalengka harus memfasilitasi belajar internet kepada anak-anak sekolah di tengah pandemi Covid-19,” ujar Kapten Inf Sarna, Rabu (12/8/2020).

Dirinya menjelaskan, lokasi SDN Cengal 4 yang berada di Blok Kadut, Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka itu berada di wilayah yang sulit untuk menerapkan pembelajaran daring.

Sebab, wilayah tersebut berada di daerah pegunungan dan langsung berbatasan dengan Kabupaten Sumedang.

“Seperti diketahui, wilayah lokasi yang berada di Desa Nunuk Baru yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Sumedang sangat sulit untuk menjangkau sinyal internet. Sehingga, kami bekerjasama dengan Orari Majalengka mengadakan perhubungan lewat HT untuk memfasilitasi anak belajar. Dengan demikian, program pemerintah tetap berjalan,” ucapnya.

Menurut Danramil, kendala yang sering dihadapi oleh guru dan murid sekolah tersebut, yakni jarak antar rumah yang terlampau jauh.

Sehingga, untuk mengumpulkan satu murid dengan murid yang lain membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu, para guru pun kesulitan untuk mendatangi rumah per rumah anak sekolah tersebut.

“Kendala yang selama dihadapi saat ini, yakni jarak antar rumah ke rumah. Selama ini guru kesulitan untuk mendatangi para rumah murid. Untuk itu, ke depan agar kondisi seperti itu tidak terjadi lagi.

Jadi, untuk alat-alat ini kebetulan Koramil 1702 Maja Kodim 0617 Majalengka memiliki alat HT perorangan, sehingga kami akan meminjamkan sementara Alkom sampai dengan PBM bisa belajar tatap muka kembali,” jelas dia.

Sementara, saat selesai pemasangan pemancar sinyal radio, pembelajaran menggunakan HT pun dimulai.

Pembelajaran dikomandoi oleh seorang guru yang stanby di sekolah dengan dibagi menjadi tiga kelompok. Para murid tersebut menggunakan salah seorang siswa untuk dijadikan titik kumpul. Guru mempersiapkan sejumlah materi dan langsung menyampaikan melalui HT yang telah disediakan.

Seorang guru SDN Cengal 4, Nining Nuroniah menyampaikan, pihaknya merasa sangat terbantu dengan fasilitas radio HT yang diberikan oleh Koramil 1702 Maja.

Dijelaskan dia, dengan pembelajaran menggunakan HT, dirinya bisa lebih cepat mengetahui apakah keberadaan anak sudah siap menerim materi pembelajaran.

“Kalau sebelumnya kan saya harus berjalan dulu jauh ke rumah para murid, sekarang kan langsung bisa komunikasi dengan anak-anak, apakah sudah datang, si anak sudah siap dan lain sebagainya,” kata Nining.

Dengan demikian, pihaknya berharap para TNI dari Koramil 1702 Maja dapat secara terus memberikan fasilitas tersebut.

Sehingga, anak-anak khususnya di SDN Cengal 4 Majalengka bisa belajar di tengah pandemi Covid-19.

“Oleh karena itu, sangat terbantu sekali dengan bantuan fasilitas HT oleh para prajurit Koramil 1702 Maja tersebut,” tuturnya.

Seorang murid SDN Cengal 4 Kelas VI, Desi Hidayah (12) mengaku bisa secara cepat melakukan pembelajaran dengan menggunakan Radio HT.

Pasalnya, sebelumnya dirinya harus menunggu gurunya terlebih dahulu untuk mendatangi rumahnya yang jaraknya terlampau jauh.

“Bisa sih cuma agak gugup karena takut salah,” tegas Desi yang sangat lugu tersebut.

[embedded content]

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

sumber: https://www.youtube.com/watch?v=OgXDat2sHgY&feature=youtu.be&fbclid=IwAR3-qRZbDrEzlUL1p6kW-lgLL2bhPxAsOM7DmFVVMEBqfFxm8psPpBKZH4Y

Sumber www.orari.or.id

Lihat Juga

ORARI Goes to Campus

(ORARI 14/6). ORARI Lokal Kab. Purworejo melaksanakan kegiatan ORARI Goes to Campus untuk mengenalkan kegiatan amatir radio dan …