235 Peserta Ikuti UNAR ORARI Sulsel Di Kota Palopo Dengan Standar Protkes

Nampak Sekda Kota Palopo, Firmanza DP dan Plt. Kadis Kesehatan, Taufiq mengikuti UNAR Berbasis Cat Non Reguler tahun 2020, di laksanakan Kota Palopo, 31 Oktober 2020 dengan mematuhi Protokol Kesehatan. (foto : infosulawesi.com)

INFOSULAWESI.com, PALOPO — Pembukaan Pelaksanaan Ujian Negara Amatir Radio (Unar) Berbasis Cat Non Reguler tahun 2020, di laksanakan di Aula SMP Negeri 4 Kota Palopo, 31 Oktober 2020

Peserta Ujian Negara Amatir Radio (Unar) Sebanyak 235 Orang Peserta yang terverifikasi, dengan tingkat siaga 217 orang peserta, tingkat terlarang 17 orang peserta dan tingkat penegak 1 orang peserta adapun pelaksanaan Ujian di laksanakan di Ruang Lab.Komputer SMP 1, SMP 2, SMP 3, dan Ruang Lab. Komputer SMP 4 Kota Palopo.

Membuka kegiatan direktur operasi sumber daya SDPPI Dr.Dwi Handoko, M.Eng dalam sambutannya menyampaikan dalam pelaksanaan ujian kali ini saya harapkan kita dapat mematuhi imbauan Pemerintah yaitu memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak agar kita terhindar dari penyebaran Covid-19.

Lanjutnya, dalam melaksanakan ujian amatir yang nantinya memperoleh ijin Amatir Radio, agar dapat menggunakan frekuensi-frekuensi tertentu yang memang di alokasikan untuk penggunaan frekuensi.

“Frekuensi ini adalah suatu benda yang tidak terlihat tetapi, banyak sekali pengunaanya, frekuensi ini tidak mengenal batas-batas wilayah, untuk itu dalam menggunakan frekuensi ini sesuai dengan yang di izinkan.” Katanya.

Untuk kita ketahui bahwa Indonesia masih menjadi sorotan dunia, khusus nya penerbangan bahwa banyak pesawat yang melintas di atas Indonesia itu terganggu radio komunikasinya baik antara pesawat, maupun antara pesawat dengan raid controller dan ini sangat berbahaya bagi penerbangan itu sendiri.

” Kami harap kerjasamanya agar menggunakan frekuensi yang sesuai memang diberuntukan bagi penggunaan Amatir, dan ini perlu kesadaran kita semua karena terkait jumlahnya sangat banyak walaupun Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio mempunyai peralatan yang memenuhi akan tetapi mencegah adalah lebih baik dari menangani.”

Amatir mempunyai peran yang besar dalam berkuntribusi bagi pembangunan khususnya dalam komplikasi kebencanaan, beberapa kali Amatir membantu pemerintah dalam mendukung berkomunikasi terutama pada saat bencana dimana perangkat komunikasi yang lain tidak dapat di gunakan.

Pada kesempatan itu Mewakili Walikota Palopo, Sekertaris daerah Kota Palopo Drs.Firmanza DP menyampaikan bahwa pemerintah Kota Palopo sangat mengapresiasi kegiatan Unar ini, sebagai satu langkah untuk melegalkan aktifitas para penggiat orari, demi memaksimalkan fungsi orari lokal di Kota Palopo.

Sebagaimana kita ketahui Peran ORARI dapat lebih di optimalkan di dalam membantu komunikasi secara nasional, juga di daerah, khususnya di Kota Palopo.

” Jadi, peran dan fungsi orari ini masih sangat penting dan sangat di butuhkan bagi pemerintah dan masyarakat, karena kemarin kami merasakan bagaimana fungsi dan peran orari ini ketika longsor di battang, maupun ketika kita menggunakan pos dalam penanganan Covid-19 sangat-sangat membantu kami dalam menyampaikan informasi yang akurat dan penting bagi pemerintah Kota Palopo.” Pungkasnya

Dilanjutkan dengan pemberian secara simbolis cinderamata antara balai monitor SFR Kelas I Makassar bersama Orari Lokal Kota Palopo, Orari Daerah Sulsel dan Pemerintah Kota Palopo.

Turut hadir, Kepala Balmon Ir.Helmi Wartapane, M.M, Wakil Ketua Orari Daerah Sulawesi H.Rusli A.Baso Amir, Mewakili Ketua Orari Lokal Kota Palopo, Drs. H. Asir Mangopo, MM, Sub koordinator Sarana dan Pelayanan Balmon Kelas I Makassar Manuelson Jaka Jusuf, ST. M.Eng. Wakil Bupati Kabupaten Luwu Syukur Bijak, Ketua DPRD kabupaten Luwu Rusli Sunali, Serta undangan lainnya.

Turut Hadir pula beberapa Pengurus Orari Daerah Sulawesi Selatan dalam pelaksanaan Unar non reguler tgl 31 Oktober 2020 di Kota Palopo

  1. RUSLI BASO AMIR , YB8BRZ, Wakil Ketua
  2. NUR AMRAN, YB8EL, Ketua DPP Orda sulsel
  3. H.Mansyur Harun, YB8CMK, Kabid Organisasi
  4. Muh Ali Rahman, YB8FJ, Sekretaris Orda sulsel
  5. DR. A.Muh Yauri., YC8AO, Kabag Diklat dan Pembinaan Orda sulsel
  6. Mufti Muhlis, YB8DEV, Bendahara Orda sulsel

Serta Panitia ORARI Lokal Kota Palopo

KABID ORGANISASI
Ir. A. ALAMSYAH
YD8ERP

  1. Ketua panitia UNAR
    SYAIFULLAH, SE YC8BBM
  2. SEKRETARIS
    GUSRAMIL YC8ERU
  3. KABAG HUMAS
    SARTIAN YD8AUY

source/foto: http://infosulawesi.com/detailpost/235-peserta-ikuti-unar-orari-sulsel-di-kota-palopo-dengan-standar-protkes?fbclid=IwAR3tK_f8-IXCM5NZqltI3RU4f3gtVIbbrO1Np03t4md6dUOXNmEetvYdk9g

Sumber www.orari.or.id

Lihat Juga

DUKOM ORARI LOKAL BANDA ACEH 2024

Banda Aceh_ Dukom Ketupat Lebaran +3 Lebaran. ORARI Lokal Banda Aceh masih stanby di posko …