Callsign YD1BPT untuk Bupati Ciamis, Hanya Satu di Dunia


ORARI(25/2). Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) secara resmi memberikan Callsign Kehormatan YD1BPT kepada Bupati Ciamis, DR Herdiat Sunarya yang ditandai dengan penyerahan papan callsign dan Kartu Tanda Anggota (KTA) oleh Ketua Bidang Operasi dan Teknik ORARI Daerah Jawa Barat, Agoes Pratomo (YB1EGP) di Joglo Barat Pendopo Ciamis, Rabu (24/02/2021).

Menurut Agoes Pratomo, callsign YD1BPT hanya satu di dunia dan tidak akan ada lagi yang memiliki kecuali Bupati Ciamis, mengingat ORARI juga tergabung dalam International Amateur Radio Union (IARU).

Selain callsign YD1BPT untuk Bupati Ciamis, callsign kehormatan juga diserahkan kepada Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra (YD1PTR), Ketua DPRD Ciamis yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kab. Ciamis, H. Nanang Permana SH (YD1GNP) dan Kalakhar BPBD Ciamis, Dadang Darmawan (YD1DPB).

Dijelaskan, pemberian callsign kehormatan tersebut karena Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dinilai berjasa terhadap ORARI.

“Apalagi sebelumnya beliau pernah menjadi anggota ORARI dengan callsign YD1OGO tahun 1990an. Jadi ORARI bukan lagi hal yang baru bagi Pak Bupati, selamat bergabung kembali dan mohon dukungan untuk kemajuan perkembangan ORARI khususnya di ORARI Lokal (Orlok) Ciamis,” kata Agoes seraya mengakui, dalam waktu dekat Orlok Ciamis akan menggelar Special Call Hari Jadi Ciamis yang akan memperkenalkan nama Tatar Galuh Ciamis mendunia, terutama dalam hal destinasi pariwisata.

Sementara Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya yang kini menyandang callsign YD1BPT sangat mengapresiasi ORARI yang selama ini banyak membantu kegiatan dan program pemerintah daerah.

Diakui Bupati, dirinya sempat menjadi anggota ORARI pada tahun 1991 ketika menjabat sebagai camat, dan merupakan suatu kebanggan saat ini bisa bergabung kembali dengan ORARI.

“Saya merasa berkesan dan bangga sekali dapat kembali bergabung dengan ORARI, dulu pada tahun 1991 ketika menjabat camat sempat menjadi anggota,” katanya.

Menurutnya, ORARI banyak berperan dalam pembangunan, khususnya di Kabupaten Ciamis, seperti dalam bidang sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan.

ORARI sangat membantu sekali pada saat teknologi belum berkembang, karena handphone sangat terbatas dan hanya memanfaatkan sinyal radio untuk komunikasi. Begitu juga dalam masa perkembangan teknologi, ketika sinyal hilang dan listrik padam, ORARI masih bisa memberikan informasi dan tetap berkomunikasi.

“Alhamdulillah untuk saat ini di Ciamis ada dua organisasi serupa yakni RAPI dan ORARI, dengan adanya dua organisasi ini kami pemerintah daerah merasa sangat terbantu, karena RAPI dan ORARI dianggap paling proaktif terutama ketika terjadi bencana, komunikasi bisa lebih cepat,” jelasnya seraya berharap Pemkab dan ORARI dapat senantiasa bersinergi terutama dalam bidang kemanusiaan.

Mewakili Ketua Orlok Ciamis, Asep Kodari (YC1OYJ) yang tidak bisa hadir karena berhalangan, Wakil Ketua Orlok Ciamis, Iwan Setiawan (YC1PIO) mengakui, kehadirannya selain untuk menyerahkan papan callsign kehormatan kepada Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD dan Kalakhar BPBD, juga sekaligus silaturahmi melaporkan perkembangan terakhir keanggotaan Orlok Ciamis.

“Untuk saat ini kurang lebih terdapat 70 anggota aktif di Kabupaten Ciamis, dan mudah-mudahan dapat terus bertambah,” katanya.

Menurut Iwan, sebetulnya anggota Orlok Ciamis sudah mencapai lebih dari 100 orang, namun banyak dari mereka yang mutasi ke Banjar dan Pangandaran, ada juga yang tidak sempat memperpanjang keanggotaannya sehingga mereka harus kembali menempuh ujian.

Iwan juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Ciamis yang dalam kesempatan itu memberikan bantuan berupa satu unit radio HF Icom M710 plus PS berikut antena,  dua unit HT DJ-W58 dan satu unit komputer untuk digunakan di Sekretariat Orlok Ciamis.

Acara yang dikemas sangat sederhana dengan memperhatikan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19 ini, selain dihadiri Kabid Optek Orda Jabar, juga hadir Wakabid Optel Orda Jabar, Bonny S Wardyanto (YC1PYY), dan anggota DPP Orda Jabar, Tatang Lakturo (YC1NMT) serta anggota Orlok Ciamis. (cZ-01)**

sumber : http://www.ciamiszone.com/2021/02/callsign-yd1bpt-untuk-bupati-ciamis.html

Bagikan Artikel ini :

Sumber www.orari.or.id

Lihat Juga

DX-Pedition 7A9BOTA

ORARI(17/6). Dari pantai Yehanakan, dusun Yehanakan, desa Banjarasem, Kabupaten Bulelelng, Bali, ORARI Daerah Bali akan …