Special Call 8A36ND


ORARI (26/4). Dalam rangka memeriahkan Gawai Adat Ritual Naik Dango ke-36 dikabupaten Landak Tahun 2021, mempromosikan Destinasi pariwisata di daerah kabupaten Landak melalui kegiatan ini dan sebagai sarana latih diri dalam meningkatkan keterampilan anggota ORARI di bidang komunikasi radio serta mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan sesama Amatir Radio , ORARI Daerah Kalimantan Barat Lokal Landak akan mengaktifkan Spesial Event Station (SES) 8A36ND yang memancar untuk kegiatan SPECIAL CALL.

Kegiatan Spesial Event Station (SES) 8A36ND mengudara di Band VHF dan Band HF pada tanggal 26 – 27 April 2021.

Upacara adat Naik Dango ditandai dengan menyimpan seikat padi yang baru dipanen ke dalam lumbung padi (dango) oleh setiap kepala keluarga keturunan suku Dayak yang bertani atau berladang.

Tarian pengantar padi hasil panen ke lumbung penyimpanan padi dalam ritual ‘Naik Dango

Setelah diletakkan di dalam dango, selanjutnya dilaksanakan upacara Nyangahatn atau disebut juga Barema, di saat inilah doa-doa Pamane atau tetua adat dipanjatkan kepada Sang Pencipta atau Nek Jubata.

Bagian penting dalam upacara Naik Dango adalah Nyangahatn. Dalam prosesnya Tingkakok Nimang Padi, simbol yang mengingatkan proses turunnya padi dari Jubata atau Sang Pencipta kepada manusia.

Tarian pengantar padi hasil panen ke lumbung penyimpanan padi dalam ritual ‘Naik Dango’

Tahun ini, ritual Naik Dango atau Pekan Gawai Dayak yang ke-36 dilaksanakan di Kabupaten Landak, di rumah Radakng Aya’, Kabupaten Landak

source : https://orloklandak.com/8a36nd/

Bagikan Artikel ini :

Sumber www.orari.or.id

Lihat Juga

Pelantikan Ketua ORARI Lokal Kota Gorontalo 2020 – 2023

ORARI(9/6). Telah dilaksanakan Pelantikan Ketua ORARI Lokal Kota Gorontalo masa bakti 2020 – 2023, H.Ekwan …