Balmon Manado Gelar UNAR Non Reguler Tahap III


Manado 28 April 2021. Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Ujian yang digelar Balmon SFR Kelas II Manado Ditjen SDPPI Tahap III itu diikuti sebanyak 23 peserta dari Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara.

Dalam rangka meminimalisir dan mencegah penyebaran Virus Covid-19, maka UNAR Reguler Tahap III dilaksanakan dengan dibagi menjadi empat sesi. Demikian juga dalam pelaksanaan diterapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah yaitu menjaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun dan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki ruangan.

Peserta dengan jumlah 23 tersebut meliputi 1 orang Ujian Kenaikan ke penegak, 4 orang naik ke penggalang dan peserta baru atau siaga 18 orang. Dari beberapa peserta ada satu peserta yang menjadi sorotan, yaitu peserta Young Lady dan termuda atas nama Olivia Margareth Ivana Dumalang dengan umur 9 tahun. Olivia telah mengikuti UNAR dan dinyatakan lulus dengan nilai yang cukup memuaskan.

Pegiat Amatir Radio selama ini memiliki peran cukup banyak dalam mendukung layanan telekomunikasi. Di Sulawesi Utata, kegiatan Amatir Radio diarahkan untuk memperkenalkan dan mempromosikan tempat/pulau yang menarik kepada internasional. Kabalmon Manado – Syamsul Huda berharap, untuk memperkenalkan dan mempromosikan pulau yang menarik di Sulawesi Utara kepada dunia internasional melalui komunikasi radio, penyelenggaraan amatir radio dapat memperbanyak kegiatan Hamfest, Field Day, DX-ing, DX Pedition dan Islands on The Air (IOTA).

UNAR Non Reguler ke III di Kepulauan Sangihe merupakan pelaksanaan ketiga dari rencana 12 kali UNAR CAT yang akan digelar Balmon Manado sepanjang 2020. Dari 23 peserta semua dinyatakan lulus dan umumnya menyatakan puas atas penyelenggaraan UNAR CAT. Selain proses ujian lebih cepat, selesai mengerjakan soal peserta langsung dapat mengetahui hasilnya. Izin Amatir Radio (IAR) juga langsung diterbitkan.(\2tfb)

Kontributor dan Foto: James Mottoh – YB8TNJ (Sekretaris ORARI Daerah Sulawesi Utara)
sumber : https://yc2tfb.net/2021/04/28/balmon-manado-gelar-unar-non-reguler-tahap-iii/

Bagikan Artikel ini :

Sumber www.orari.or.id

Lihat Juga

DX-Pedition 7A9BOTA

ORARI(17/6). Dari pantai Yehanakan, dusun Yehanakan, desa Banjarasem, Kabupaten Bulelelng, Bali, ORARI Daerah Bali akan …