ORARI Lokal Banjarnegara Mengikuti Pelatihan Pencegahan Dan Mitigasi Bencana


ORARI (28/5). ORARI Lokal Banjarnegara bersama relawan dari berbagai organisasi masyarakat di Banjarnegara hadir dalam acara Pelatihan dan Mitigasi Bencana. Kegiatan dilaksanakan di Desa Tanjungtirta Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara yang diselenggarakan oleh BPBD Kabupaten Banjarnegara, Selasa 25 Mei 2021.

Apel Pembukaan dipimpin oleh Wakil Bupati Banjarnegara, H. Syamsudin, S.Pd., M.Pd. Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati menyampaikan bahwa bencana alam sejatinya adalah hasil interaksi manusia dengan alam. Kunci ketangguhan bencana adalah mampu mengenali potensi, menganalisa penyebabnya. Selanjutnya mengantisipasi dan meminimalisir resiko, menyelamatkan diri dan keluarga serta mampu bangkit dengan cepat untuk pulih seperti sediakala.

Kesiapsiagaan dan mitigasi bencana adalah upaya membangun masyarakat untuk mampu melaksanakan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana secara mandiri. Kemampuan tersebut diharapkan akan mengurangi dampak dan resiko bencana.

Seorang relawan harus siap menjadi bagian dari penanggulangan bencana bagi wilayah terdampak bencana, seperti yang selama ini dilakukan di Banjarnegara. Wakil Bupati dalam akhir pidatonya menyampaikan; “Kesiapsiagaan dan Mitigasi itu bersifat permanen, sehingga harus dilakukan secara berkesinambungan”.

Kepala BPBD Kabupaten Banjarnegara Aris Sudaryanto S.Pd, M.M. mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas relawan dalam upaya pencegahan dan mitigasi. “Selain kapasitas skill dalam kebencanaan, tidak kalah penting juga kapasitas kesiapsiagaan relawan dalam Penanggulangan Bencana yang kita pupuk lagi dalam kegiatan pelatihan ini.” Kata Aris.

Kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan sumber anggaran APBD Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2021 ini menghadirkan para narasumber yang berkompeten dibidangnya masing-masing.

Materi meliputi Pertolongan Pertama korban bencana oleh PMI Kabupaten Banjarnegara. Materi Shelter/ pengungsian dan Dapur umum diampu oleh Tagana Dinsos PPPA Banjarnegara. Selanjutnya materi pertolongan di ketinggian dibawakan oleh instruktur dari SAR Kabupaten Banjarnegara.

Selain sebagai ajang refresh knowlegde dalam penanggulangan bencana, pelatihan yang diikuti oleh 120 peserta ini juga menjadi ajang komunikasi dan silaturahmi yang lebih intens antara BPBD Kabupaten Banjarnegara dengan segenap unsur relawan Penanggulangan Bencana sebagai mitra dalam kegiatan kemanusiaan.

Peserta pelatihan berasal dari perwakilan berbagai komunitas relawan dan Destana Kabupaten Banjarnegara termasuk ORARI Lokal Banjarnegara.

Secara resmi acara ditutup pada pukul 18.00 WIB setelah sebelumnya diadakan diskusi sebagai wadah berbagi pendapat dan curahan perasaan bagi para relawan. Diharapkan sesi ini dapat menampung aspirasi dan rencana tindak lanjut untuk menjadikan penanganan bencana di Banjarnegara yang lebih baik.(\2TFB)

Kontributor: Eddy Suwarno – YC2IAY

sumber/foto : https://yc2tfb.net

Bagikan Artikel ini :

Sumber www.orari.or.id

Lihat Juga

Ratusan Petugas Amankan Malam Idul Adha 1442 H di KabupatenTapin, Tak Ada Takbir Keliling

foto by banjarmasin.tribunnews.com BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU – Sebanyak 100 petugas dari TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, …