Antusias Anggota ORARI se Indonesia Dalam Pekan Olah Raga Nasional


STRATEGINEWS.co, Merauke – Dalam rangka pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional ke- 20 di Provinsi Papua, Organisasi Amatir Radio Indonesia Daerah Papua melaksanakan kegiatan Amatir Radio berskala Internasional atau biasanya disebut Special Event Station.

Special Event Station merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Organisasi Amatir Radio Indonesia yang bertujuan untuk menyampaikan kepada semua penggiat amatir radio dimana saja berada, sekaligus mempromosikan daerah termasuk event yang dilaksanakan pada daerah tersebut.

ORARI Daerah Papua selaku induk Organisasi yang ada di Provinsi Papua selain melaksanakan Special Event Station juga memberikan dukungan Komunikasi (DUKOM) kepada Panitia Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua.

Ketua ORARI Daerah Papua DR. Drs. Yanuarius Resubun, MS.P YB9YZ saat dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, bahwa sukses PON XX Papua tidak terlepas dari campur tangan dan kerja sama berbagai pihak.

” ORARI adalah Organisasi kemasyarakatan yang unik, ORARI menghimpun masyarakat yang memiliki hobby elektronika maupun eksperimen dalam bidang komunikasi, kemampuan dan kecakapan seorang amatir radio merupakan hobby yang tidak dimiliki banyak orang sehingga dalam menunjang keberhasilan Pekan Olah Raga Nasional ke-20 di Provinsi Papua kami bekerja sama dengan beberapa ORARI Lokal sebagai penyangga PON XX Papua 2021 diantaranya ORARI Lokal Kota Jayapura, ORARI Lokal Merauke, Orari Lokal Kabupaten Jayapura dan ORARI Lokal Mimika. Setiap ORARI Lokal sebagai Cluster penyangga selain memberikan dukungan komunikasi juga melakukan Special Event Station, kegiatan special event station ini mendapatkan izin resmi dari Kementrian KOMINFO berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 17 Tahun 2018,” terang Ketua ORARI Daerah Papua DR. Drs. Yanuarius Resubun, MS.P YB9YZ.

Ketua ORARI Daerah Papua yang akrab di panggil John ini menambahkan, dalam mempromosikan Pekan Olah Raga Nasional ke- 20 di Provinsi Papua, ORARI Daerah Papua memberikan tugas kepada ORARI Lokal Kota Jayapura dan ORARI Lokal Merauke untuk menjalankan Special Event Station, dengan maksud menyampaikan kepada Dunia bahwa PON XX Papu a Tahun 2021 berjalan dengan aman, lancar dan penuh suka cita.

Adapun nama Panggilan atau Callsign yang dikeluarkan oleh Kementrian KOMINFO untuk ORARI Kota Jayapura adalah 8G20PON, dan untuk ORARI Lokal Merauke 8H20PON.

” Dalam pelaksanaannya ORARI Kota Jayapura telah selesai dari tanggal 01 Oktober 2021 hingga 06 Oktober 2021 dengan jumlah station sebanyak kurang lebih 1.500 station yang tercover dan untuk ORARI Lokal Merauke dilanjutkan dari tanggal 07 Oktober 2021 hingga 14 Oktober 2021. Berdasarkan laporan dari anggota saya di Lokal Merauke pada hari pertama mengudara berhasil melakukan kontak dengan 300 station untuk daerah Kalimantan, Sulawesi, Papua, NTB, NTT dan Bali. ORARI Lokal Merauke masih ada waktu yang cukup panjang sekitar enam hari lagi dan saya sangat optimis untuk Special Event Station dalam rangka Pekan Olah Raga Nasional ini target kami mencapai 3.000 station baik dalam negeri maupun luar negeri,” tutup John.

Laporan : Frans Sabubun – YB9YSS

sumber/foto : https://strateginews.co/2021/10/08/antusias-anggota-orari-se-indonesia-dalam-pekan-olah-raga-nasional/

Bagikan Artikel ini :

Sumber www.orari.or.id

Lihat Juga

Stasiun JOTA YH8AJE KWARCAB Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan

Jambore On The Air atau JOTA merupakan kegiatan Jambore tahunan yang diadakan setiap tahun di …