Apa Saja Kegiatan JOTA JOTI Di KWARCAB Bojonegoro ?


ORARI(21/10). Gegap Gembita JOTA JOTI 2021 telah berakhir, tidak ketinggalan juga ORARI Lokal Bojonegoro ikut melakukan Dukungan Komunikasi pada Kwarcab Bojonegoro (YH3AJW) mulai tanggal 15-17 Oktober 2021. Lokasi kegiatan di Lemcadika Bojonegoro yang dibuka oleh Ketua Harian Kwarcab Bojonegoro, kak Hanafi dan ditutup oleh Wakil Ketua Bidang Bina Muda, kak Musafak. Pada tahun 2021 ini diikuti oleh 53 peserta, tahun 2020 diikuti 25 peserta dan tahun 2019 diikuti 75 peserta.

Selain belajar komunikasi radio high frequency sebagai materi utama, ORARI Lokal Bojonegoro “menitikberatkan” pada peserta untuk decode SSTV dan menerima Morse dari Satelit LAPAN A2-ORARI (I0-86) untuk menambah wawasan baru dan terbaru. Pada mode satelit dipandu oleh YD3GFB yang juga sebagai anggota Pramuka. Untuk mode phone dengan peralatan seadanya kami bisa menjangkau seluruh call area (0-9).

Pada kesempatan itu, karena Koordinator JOTA inginnya kegiatan “out of the box” maka membuat tantangan baru untuk peserta JOTA antara lain :

1. Menulis nama dengan mencantumkan Grid Square, oleh YF3ALI
2. Menulis nama menggunakan Morse Trainer, oleh YF3ALI
3. Pengenalan software dan link-link pendukung bagi amatir radio, oleh YF3ALI
4. Tata cara komunikasi, oleh YD3CRA (Homebrewer). Output : Bisa berkomunkasi dengan baik dan benar.
5. Merangkum “Ceramah On The Air” dengan cara berkelompok sambil mendengarkan dari HT, oleh YD3CDF (Wakil Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia Bojonegoro). Output : Pembentukan karakter.
6. Membuat berita, pada materi Jurnalistik, oleh YD3CDC (Humas Kwarcab Bojonegoro). Output : Bisa menulis berita, dll dengan benar (5W+1H).


Dalam tiga hari JOTA JOTI peserta dan anggota ORARI merasa sama-sama fresh karena saling ada timbal balik. Suasana baru kegiatan baru, tapi sayangnya saya (YF3ALI) sebagai Koordinator JOTA tidak dapat full mendampingi, karena Jumat malam harus ke Yogyakarta mengikuti In House Training/Family Gathering kantor sampai dengan malam hari tanggal 17-10-2021. Hanya bisa memandu dari jauh dan memantau kegiatan dari WAG JOTA JOTI.

Kami ucapkan terima kasih pada Kwarcab Bojonegoro, Tim ORARI Lokal Bojonegoro, Koorlap : YC3AGF, Satelit : YD3GFB, Teknik : YC3GED, YD3CDI, YG3FVX, dkk; Komunikasi : YD3CRA, Ceramah : YD3CDF, Jurnalistik : YD3CDC, Pemandu : YB3HES, dkk yang telah hadir di lokasi.

Sampai jumpa pada JOTA berikutnya dengan lebih kreativ dan inovasi baru. JOTA MEMBUAT SEMANGAT BELAJAR

Kontributor berita : Ali Nurkhamid, YF3ALI

Bagikan Artikel ini :

Sumber www.orari.or.id

Lihat Juga

ORARI Lokal Kediri Berpartisipasi Pada Pembentukan FPRB (Forum Pengurangan Resiko Bencana) Kab. Kediri

ORARI(23/11). Bertempat di ruang rapat Kilisuci, Pemkab Kediri, ORARI Lokal Kediri, bersama lebih kurang 20 …