Perayaan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1093, Orari Lokal mengadakan SES – 8A1093PAS

Orari Daerah Jawa Timur Lokal Pasuruan Sukses menggelar acara SES dalam rangka merayakan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1093 dengan Callsign 8A1093PAS, tepat jam 00:00 UTC, 24 September 2022, kegiatan SES dibuka oleh Ketua Orari Daerah Jawa Timur Soebandi Soegito – YB3VO pada frekwensi 7,135MHz (24/09/2022).

Sedianya SES ini akan digelar pada saat puncak acara Perayaan Hari Jadi jadi Kabupaten Pasuruan yaitu tanggal 18 September 2022, namun karena di Jawa Timur ada kegiatan Malang Raya DX Contest (MRDXC), agar tidak bentrok maka kegiatan ini dimundurkan 1 (satu) minggu menjadi 24-25 September 2022 dengan alokasi band 80M, 40M, 20M, 15M, 10M dan 2M dengan mode SSB, FT8, CW dan FM .

Kegiatan SES ini kami gelar sebagai wujud partisipasi Orari dalam memperkenalkan Kabupaten Pasuruan ke seluruh pelosok Indonesia bahkan dunia, melalui komunikasi Amatir Radio, di samping itu juga sebaga ajang latih diri bagi khususnya anggota ORARI lokal Pasuruan. Hal ini terbukti banyak sekali anggota dengan sukarela meluangkan waktu dan kesempatan untuk menjadi operator khususnya mode SSB Phone dan FM, sementara itu ada pula yang tertarik untuk menjadi operator mode digital dan CW.

Djarot sapaan akrab Ketua Orlok pasuruan menyampaikan bahwa SES ini adalah kegiatan pertama kali sejak hampir satu dasawarsa Lokal Pasuruan vakum dari berbagai kegiatan. Banyak pengalaman yang bisa dipetik dari kegiatan ini khususnya bagi para pengurus dan anggota tentang bagaimana menyelenggarakan sebuah event mulai dari membentuk panitia, menyiapkan sarana dan prasarana pendukungnya serta yang tidak kalah penting adalah pengajuan untuk mendapatkan IAR Khusus.

SES 8A1093PAS dilaksanakan di 4 (empat) lokasi karena mengingat banyaknya band dan mode yang digunakan, sedangkan Orari Lokal Pasuruan sendiri masih belum memiliki Sekretariat yang dilengkapi dengan Sarpras untuk kegiatan ini.

Dalam pelaksanaan mulai dari persiapan sampai dengan hari H tentunya banyak ditemui kendala, namun kesemuanya dapat dilalui oleh panitia. SES berakhir tanggal 25/09/2022 jam 17:00UTC. Sampai dengan berita ini ditulis, telah tercatat pada log sebanyak 1965 QSO valid baik stasiun Amatir Radio dari Indonesia maupun stasiun DX .
Pengurus dan panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselanggaranya kegiatan SES ini, khususnya kepada YD3AMT anggota Orari Lokal Blitar sebagai penyedia logger online dan qsl-ing secara online real time, sehingga seusai QSO para peserta dapat langsung mengunduh eQSL Card pada web. Tak lupa pengurus Orlok Pasuruan dan Panitia menyampaikan permohonan maaf apabila dalam kegiatan ini masih ada kekurangan.
Bagi Amatir Radio yang valid QSO dengan kami, silahkan unduh Special eQSL Card pada https://myqsl.id/qsl/YH3AO

Kontributor berita : ian/yb3ftd (26/09/2022)

Sumber www.orari.or.id

Lihat Juga

Plakat Manager ( 3/3 ) Pembagian Plakat untuk Para Pemenang Contest By: Karsono Suyanto – YBØNDT

Sumber www.orari.or.id