PERTAMA DI SUL-SEL, ORARI LOKAL SELAYAR dan KWARCAB PRAMUKA SELAYAR GELAR BIMTEK KOMUNIKASI SATELIT SELAYAR

ORARI LOKAL KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR bekerja sama dengan pengurus KWARTIR CABANG PRAMUKA KAB. KEP. SELAYAR mengadakan kegiatan BIMBIMGAN TEKNIS KOMUNIKASI SATELIT ( BIMTEK KOMSAT SELAYAR ).

kegiatan bimtek ini diadakan dalam rangka memeriahkan HUT Pramuka Ke-61 Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kepulauan Selayar, dan sekaligus ikut memeriahkan HUT Satelit IO-86 Ke-7 yang akan diperingati pada tanggal 28 September 2022.

Adapun materi Bimtek Komunikasi Satelit yang dipaparkan di sekitar 60-an peserta pramuka yang terdiri dari masing-masing 5 orang perwakilan Gugus Depan SMP dan SMA peserta perkemahan dengan materi pokok belajar menerima signal SSTV, belajar memancarkan atau mentransmisikan gambar SSTV Serta materi belajar mendengar Komunikasi VR (Voice Repeater) Satelit yang dilaksanakan pada tanggal 23 September 2022 jam 15.00 sampai selesai bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka SUBURU Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan dengan Narasumber bimtek dari pengurus ORDA SULSEL bidang Pendidikan dan latihan, Om Endi Budi Utomo, SE. MM callsign YC8FXI yang juga anggota AMSAT ID serta didampingi oleh Om H. Bachrum Betta callsign YB9YKI/8 (anggota AMSAT ID dari daerah Papua)

Melalui Kegiatan bimtek komsat ini diharapkan adanya tambahan ilmu pengerahuan dan keterampilan dalam berkomuniksi via satelit IO-86 ( Satelit LAPAN A2/ORARI ) kepada adik-adik Pramuka Selayar dan Amatir Radio Orlok Selayar di Kabupaten Kepulauan Selayar yang nantinya diharapkan dapat bermanfaat dan digunakan dalam mendukung kegiatan emergency communication saat daerah kita terdampak bencana alam seperti Gempa Bumi, Banjir Bandang yang melumpuhkan semua titik dan alat komunikasi lainnya terlebih lagi di kabupaten Kepulauan Selayar ini masih ada daerah pulau yang belum terjangkau jaringan seluler.

Tak Lupa Ketua Orlok Kabupaten Kepulauan Selayar mengucapkan Terima kasih yang tak terhingga kepada Ketua Orari Daerah 8 Sulawesi Selatan, Bapak DR. ADNAN PURICHTA ICHSAN, SH. MH. atas segala dukungan dan bantuan berupa penyediaan narasumber bimtek sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan sukses.

Sumber : Ketua ORARI Lokal Kepulauan Selayar,
Andi Eka Putera Rindam, S.Sos.,MM-YB8EKA

Sumber www.orari.or.id

Lihat Juga

Plakat Manager ( 3/3 ) Pembagian Plakat untuk Para Pemenang Contest By: Karsono Suyanto – YBØNDT

Sumber www.orari.or.id